Selasa, Maret 24, 2020

USADA DENGAN TUMBUHAN SEBAGAI OBAT


Dalam dunia Usada (Pengobatan) kususnya di Bali, banyak lontar menjelaskan dan memberikan cara pengobatan berbagai penyakit termaksud virus.

Salah satu lontar adalah 'TARU PREMANA", adalah salah satu lontar Usada yang menjelaskan berbagai manfaat dan kegunaan tumbuh-tumbuhan.

Salah satu belahan dunia yang benyak  pustaka kuno yang memanfaatkan tumbuhan sebagai bahan atau ramuan obat-obatan adalah Cina, malahan di negara tersebut dalam pengembangannya  mengelola tentang efek farmakologis tanaman obat.

Dan epidemi / grubuk / wabah penyakit sekarang adalah "VIRUS CORONA" yang siap menyerang manusia disemua belahan dunia tanpa mengenal kaya, pejabat atau orang biasa. Maka alangkah lebih baik mengatasi atau mengurangi perkembangan virus tersebut dengan bantuan herbal alami, buku buku herbal di pasaran banyak, dan disini saya hanya berbagi,  selanjutnya adalah batasan yang mempercayai atau tidak dari apa yang tersebutkan dalam tulisan ini. Dengan Tulisan ini, berharap  setidaknya dapat membantu dengan berbagai cara atau pilihan alternatif, semoga dengan informasi ini bermanfaat dan berguna bagi yang hendak dan ingin mencobanya.

Dalam hal ini nama-nama tanaman sudah diartikan ke bahasa Indonesia yang mengambil dari lontar "TARU PERMANA" dan ReferensiI dari pengobatan Cina serta penelitian mereka.

TUMBUHAN YANG MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH.

      Adas = untuk daya tahan tubuh.

      Buah Makasar = Memperbaiki sistem kekebalan tubuh.  
  Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain Lada Pahit, embalu, dadih dadih, tambar sipago, sikalur, kuwalot ki padesa dan tambara marica. Tumbuhan ini berkasiat juga untuk anti racun, anti virus, anti kanker, mematukan parasit melawan sistem DNA sel kanker dan tumor. Salah satu organ yang disembuhkan adalah kerongkongan dan paru, pernapasan.

   Buah Merah = Memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain serek aken, sait, mengka, memyeri, tawi, yengen, kwansu.

     Jahe Merah = Melindungi kekebalan tubuh.

     Kunyit = perjuangan daya tahan tubuh, anti bakteri dan anti radang.
   
     Sarang Semut = meningkatkan aktivitas vitamin C dan daya tahan tubuh.

     Sirih Merah = Memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

     Temu Lawak = meningkatkan daya tahan tubuh.

     Lengkuas Merah = daya tahan tubuh. mematikan jamur, menghangatkan tubuh.

  TUMBUHAN YANG MEBUNUH / MEMATIKAN DAN MENCEGAH VIRUS, JAMUR, BAKTERI YANG TDK BAIK, KANKER, TUMOR.

Alpukat (daun alpukat) = anti radang, saluran. Nafas membengkak, paru-paru.

Bambu tali = membersihkan paru-paru, anti toksik, anti virus, antineoplastik dan anti pirentik.

Cakar ayam = infeksi saluran pernapasan. Tumbuhan ini juga dikenal dengan nama Rumput solo, cemara kipas gunung. Penyembuhan organ lainnya adalah sebagai anti pirentik, anti virus, anti racun, anti kanker, pemulihan pendarahan, batuk.

Daun Dewa = infeksi tenggorokan. Nama lainnya adalah beluntas cina, sambit.

Daun Sendok = saluran pernapasan. Nama lain adalah ki urut, kuping manjangan, otot stotan, ceuhi uncal.

Jali = memperkuat paru. Tanaman ini dikenal dengan nama lain singkoru batu, hanjeli, kemangge, bukehang, keselore. 
    Penyembuhan pada organ lain adalah kemeridian paru, sehingga memperkuat paru, meningkatkan daya tahan tubuh, anti virus, anti radang, anti toksik, menganggu sel kanker pada tingkat metafase.
  
      Kapulogo = sebagai tonikum, sesak nafas, badan lemah.
  
Kayumanis cina / batang kayu manis yang buat bumbu masak atau kue = batuk, sesak nafas, paru paru.

Kladi tikus = tenggorokan, paru dan pernapasan. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain bira kecil, daun penta susu, kalamayong, ileus, ki babi, trenyiling. Mentik. Penyembuhan organ lain dan kegunaan lainnya adalah anti virus, bakteri, sel tumor dan mencegah serta membunuh kanker. 

Kunyit putih = anti virus

Sambiloto = anti virus 

Kunir putih = anti kanker dan virus

Cara pengunaannya adalah dalam taru permana dengan mengunakan satu jumput atau satu gengam setiap satu nama tumbuhan / satu bahan. Bagi yang umum bebas tetapi tidak ada keraguan waktu mau mengambil tumbuhan, jangan biarkan kurang dan lebih.

Tatacara pengolahannya, jika bahan tumbuhan kering yang sudah di jemur, usahakan dipakai dulu sebelum dijemur dan ditutup kain bersih agar tidak ada debu yang menempel di bahan tersebut. Jangan dicuci karena sudah dicuci sebelum pengeringan baik sinar matahari maupun oven.

Bila bahannyaa masih segar harus dicuci dengan bersih.

Masukan bahan bahan tersebut, minimal 2-3 nama tanaman yang berfungsi untuk daya tahan tubuh serta anti virus, maksimum 5 bahan daya tahan tubuh dan anti virus.

Rebus dengan panci stainless (panci presto atau panci yang tebal, panci magicom boleh, panci kaca atau tanah liat lebih bagus, jangan gunakan panci almunium, karena akan merusak fungsi khasiat tumbuhan dan malah akan menjadi racun.

Masukaan semua ramuan yang sudah diambil ke dalam panci ditambahkan air secukupnya lalu panaskan sampai mendidih, matikan laku ambil gelas ukuran aqua gelas. minum 3 x 1 hari  atau 2 x 1 hari. Satu hal yang mungkin dianggap sepele adalah membeiasakan diri sebelum minum ramuan obat apapun hendaknya diawali dengan doa, doa yang dimaksud adalah niatan kita ketika hendak meminum ramuan tersebut, jadi setiap mau minum berdoalah sesuai niatan dan kepercayaan masing-masing. Setiap mau minum panaskan lagi, artinya panci tetap di atas panggangan dan ditutup.

Untuk menentukan berapa lama ramuan tersebut (diatas kompor) dapat dimanfaatkan atau secara aturan masih dapat dimanfaatkan. Perhatikan tingkat kebeningannya, bila sudah sampai 3-5 hari masih pekat walaupun pada saat minum sudah ditambahkan air dan dipanaskan, kepekatannya masih tampak, maka ramuan tersebut masih dipakai, sampai kondisi ramuan tersebut bening barulah diganti dengan membuat ramuan baru. 

Bila bekerja dikantor, usahakan pakai botol yang beling (kaca) untuk mengurang kemungkinan bercampur dengan zat lain apabila menggunakan plastik pada saat terkena suhu panas, dan takarannya adalah untuk dapat dimunum Siang dan Sore harinya di kantor
“Jadi minum dua kali, siang dan sore”paginya dirumah 

----------------------------------
Kesunting saking tulisanIB Arnawa 
Geriya Balayu Tabanan
FB 23032020
---------------------------------

https://adbtcs.com/r/gcjaya1304
Add caption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Caraka Bagi Nusantara adalah Suatu Yang Hakiki sebagai anak Bangsa Indonesia

Top Nusantara